Minggu, 25 Maret 2018

#ModyarHood: Tugas Suami / Istri?

Btw, postingan kali ini karena saya ikutan #ModyarHood, program ngeblog yang diinisiasi sama Puty's journal dan mamamolilo yang dikenal dengan Okke sepatu merah. 

Katanya sih dengan semangat, ‘Walau kadang bikin mau modyar tapi tetap yahud’. Jadi #ModyarHood ini menginisiasi sebuah topik setiap bulannya seputar motherhood yang kemudian akan dijadikan blogpost oleh kami berdua. Diharapkan para buibuk lainnya bisa ikutan menulis blogpost dengan topik tersebut. Tujuannya untuk menampilkan lebih banyak sudut pandang tentang motherhood itu sendiri sehingga kita bisa lebih arif dalam menyikapi perbedaan.

.....

7 tahun menikah, kami beradaptasi dengan banyak metode pembagian tugas suami istri. Suami saya sebagai breadwinner keluarga. Saya ibu rumah tangga. Kami pernah pakai tambahan babysitter di saat LDR sama suami dan waktu itu anak-anak masih bayi. Pernah juga menggunakan jasa nyapu halaman karena  halaman rumah dinasnya bikin gila :-)) Pernah pakai jasa seterika baju yang mangkir berhari-hari. Tapi belum pernah pakai ART tinggal atau dari pagi sampai sore. Nah, setahun ini kami jadi anak kos. Tinggal di rumah orangtua saya. Kewajiban suami berdasar kegiatan harian ngga ada. Occasional aja. Saat butuh ngepel ya ngepel. saat butuh bersihin kamar mandi karena adikku ngga bisa ngerjain, ya bersedia mengerjakan.

Nanti kalo tinggal di rumah sendiri lagi gimana? Belum tahu :-)) sekarang pun di rumah ortu ya saya ke pasar, masak, nyuci, seterika, ke bengkel, ke salon mobil. Eh, kok enakan di luar jawa ya, saya ngga ngambil porsi itu :)) Jadi adakah tips menghindari pertengkaran karena wan prestasi?

Bikin List Kesepakatan

Hahaha....iya. Bukan karena ngga percaya tapi lebih ke pengingat. Secara kita ini generasi gibolan. Termasuk anak-anak juga apa kewajibannya. Saat bikin kesepakatan hendaknya saat santai. Lebih baik daripada udah meledak baru bingung. Dari sini juga kita tahu berapa kapasitas suami, berapa kapasitas istri, kapan butuh orang ketiga. Eh, maksudnya helper yes. Apakah helper yang 24/7, apa cuma jasa seterika saja, atau ngurus taman saja. 

Investasi di alat-alat yang baik

Misal nih, beli mesin cuci satu tabung daripada dua tabung karena ngga habis waktu ngeganti air. Masukin kelar tinggal jemur. Beli vacuum robot juga membantu :-D Tapi bisa jadi blunder kalo masih ngajarin anak nyapu :)) Beli slow cooker. Ya kurang lebih begitulah. Untuk membantu kita mempermudah pekerjaan rumah.

List masakan satu minggu

Percayalah, memasak itu bisa bikin emosional. Apalagi tiba-tiba mas sayur ngga muncul. Perjalanan ke pasar yang macet. Dengan bikin list satu minggu kita bisa tahu kebutuhan belanja. Ngga usah mondar-mandi tiap hari. Dan ngga keseringan gofood. Ya, kecuali memang pengguna jasa katering.

Jangan kebanyakan barang

Bwahahaha....minimalism bener-bener enlightenment. Kalo banyak barang itu rungsep. Apalagi rumah sepetak. Susah bersihin. Terus males. Lingkaran setan yang terkutuk. Apalagi buat saya yang pindah-pindah. Stress saat packing kakak.

Tapi lebih dari itu dibutuhkan kedewasaan suami istri. Hahaha....saling tolong menolong, paham kondisi pasangan. Saat ada yang kurang, yang lain bantu. Semuanya dikerjakan dengan riang pasti bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar